Minggu, 24 Maret 2013

MASALAH EKONOMI: KELANGKAAN DAN PILIHAN

etiap masyarakat memiliki beberapa sistem atau proses untuk mengubah apa yang telah dianugerahkan oleh alam dan generasi sebelumnya kebentuk yang bermanfaat. Produsen adalah mereka yang mengambil sumber daya dan mengubah ke produk atau keluaran (output) yang dapat dimanfaatkan. Kelangkaan adalah masalah mendasar yang dihadapi oleh semua sistem perekonomian.

Kelangkaan, Pilihan, dan Biaya Peluang
Semua masyarakat harus menjawab tiga pertanyaan dasar:
1. Apa yang akan diproduksi ?
2. Bagaimana itu akan diproduksi ?
3. Siapa yang mendapatkan apa yang diproduksi itu ?
Ketiga pertanyaan itu membentuk masalah ekonomi.

Satu orang sendirian disebuah pulau harus mengambil keputusan-keputusan yang sama yang diambil oleh masyarakat yang kompleks. Karena sumber daya itu langka terkait pada keinginan manusia diseluruh masyarakat, penggunaan sumber daya untuk memproduksi barang atua jasa tertentu menyiratkan adanya keputusan untuk tidak menggunakan dalam memproduksi hal lain. Penggunaan sumber daya untuk memproduksi modal yang pada gilirannya akan menghasilkan manfaat di masa depan, mengimplikasikan adanya keputusan untuk tidak menggunakan sumber daya tersebut dalam memproduksi barang-barang disaat ini. Bahkan jika seorang individu atau negara secara mutlak lebih efisien dalam memproduksi barang-barang dibandingkan yang lain, semua pihak masih akan untung jika mereka melakukan spesialisasi memproduksi barang-barang dimana mereka memiliki keunggulan komparatif.
Batas kemungkinan produksi (ppf) adalah grafik yang menunjukkan semua kombinasi barang dan jasa yang dapat diproduksi jika semua sumber daya masyarakat digunakan secara efisien. Pertumbuhan ekonomi terjadi bila masyarakat memproduksi lebih banyak, entah dengan mengupayakan lebih banyak sumber daya atau dengan belajar memproduksi lebih banyak dengan sumber daya yang ada. Ppf dapat digunakan untuk mengilustrasikan keuntungan yang dapat dari pertukaran dan teori keunggulan komparatif.

Sistem Ekonomi
Dalam beberapa masyarakat modern, pemerintah memainkan peran besar dalam menjawab 3 pertanyaan besar. Perekonomian laissez-faire adalah perekonomian dimana individu secara independent mengajar kepentingan diri mereka, tanpa arahan atau peraturan terpusat apapun dan akhirnya menetapkan semua hasil keputusan ekonomi dasar. Pasar adalah lembaga dimana pembeli dan penjual bertransaksi dan terlibat dalam pertukaran. Tidak ada perekonomian terencana murni dan tidak ada perekonomian laissez faire murni; semua perekonomian berbentuk campuran. Salah satu perdebatan besar dalam ilmu ekonomi berkisar pada tekanan antara pasar bebas tanpa reguasi dengan kebutuhan akan keterlibatan pemerintah dalam perekonomian.
















Tidak ada komentar:

Poskan Komentar