Pengertian Pemasaran
Konsep-konsep
inti pemasaran meluputi: kebutuhan, keinginan, permintaan, produksi,
utilitas, nilai dan kepuasan; pertukaran, transaksi dan hubungan pasar,
pemasaran dan pasar. Kita dapat membedakan antara kebutuhan, keinginan
dan permintaan. Kebutuhan adalah suatu keadaan dirasakannya ketiadaan
kepuasan dasar tertentu. Keinginan adalah kehendak yang kuat akan pemuas
yang spesifik terhadap kebutuhan-kebutuhan yang lebih mendalam.
Sedangkan Permintaan adalah keinginan akan produk yang spesifik yang
didukung dengan kemampuan dan kesediaan untuk membelinya.
Manajemen
pemasaran berasal dari dua kata yaitu manajemen dan pemasaran. Menurut
Kotler dan Armstrong pemasaran adalah analisis, perencanaan,
implementasi, dan pengendalian dari program-program yang dirancang untuk
menciptakan, membangun, dan memelihara pertukaran yang menguntungkan
dengan pembeli sasaran untuk mencapai tujuan perusahaan. Sedangakan
manajemen adalah proses perencanaan (Planning), pengorganisasian
(organizing) penggerakan (Actuating) dan pengawasan.
Jadi
dapat diartikan bahwa Manajemen Pemasaran adalah sebagai analisis,
perencanaan, penerapan, dan pengendalian program yang dirancang untuk
menciptakan, membangun, dan mempertahankan pertukaran yang menguntungkan
dengan pasar sasaran dengan maksud untuk mencapai tujuan - tujuan
organisasi.
Kesimpulan :
Dari
uraian diatas dapat disimpulkan bahwa manajemen pemasaran adalah
sebagai kegiatan yang direncanakan, dan diorganisasiknan yang meliputi
pendistribusian barang, penetapan harga dan dilakukan pengawasan
terhadap kebijakan-kebijakan yang telah dibuat yang tujuannya untuk
mendapatkan tempat dipasar agar tujuan utama dari pemasaran dapat
tercapai.
A. Pengertian Pemasaran Menurut WY. Stanton
Pemasaran
adalah sesuatu yang meliputi seluruh sistem yang berhubungan dengan
tujuan untuk merencanakan dan menentukan harga sampai dengan
mempromosikan dan mendistribusikan barang dan jasa yang bisa memuaskan
kebutuhan pembeli aktual maupun potensial.
B. Pengertian Pemasaran Menurut H. Nystrom
Pemasaran merupakan suatu kegiatan penyaluran barang atau jasa dari tangan produsen ke tangan konsumen.
C. Pengertian Pemasaran Menurut Philip dan Duncan
Pemasaran
yaitu sesuatu yang meliputi semua langkah yang dipakai atau dibutuhkan
untuk menempatkan barang yang bersifat tangible ke tangan konsumen.
D. Pengertian Pemasaran Menurut Asosiasi Pemasaran Amerika Serikat / American Merketing Association
Pemasaran adalah pelaksanaan kegiatan usaha pedagangan yang diarahkan pada aliran barang dan jasa dari produsen ke konsumen.
Pemasaran
dan produksi merupakan fungsi pokok bagi perusahaan. Semua perusahaan
berusaha memproduksi dan memasarkan produk atau jasa untuk memenuhi
kebutuhan konsumen.
Istilah pemasaran diartikan sama dengan beberapa istilah, seperti: penjulan, perdagangan, dan distribusi
Pemasaran
merupakan konsep yang menyeluruh, sedangkan istilah yang lain tersebut
hanya merupakan satu bagian, satu kegiatan dalam sistem pemasaran secara
keseluruhan. Jadi, pemasaran merupakan keseluruhan dari pertain
tentang: Pejualan, perdagangan, dan distribusi.
Gambaran
tentang pemasaran secara luas dapat dikethui dari definisi yang
dikemukakan oleh William J. Staton berikut ini : Pemasaran adalah system
keseluruhan dari kegiatan usha yang ditujukan untuk merencanakan, dan
mendistribusikan barang dan jasa yang dapat memuaskan kebutuhan kepada
pembeli yang ada maupun pembeli potensial.
Keputusan-keputusan
dalam pemasaran harus dibuat untuk menentukan produk dan pasarnya,
harganaya, dan promosinya. Kegiatan pemasaran tidak bermula pada saat
selesainya proses produksi, juga tidak berakhir pada saat penjualan
dilakukan.
Penciptaan Faedah Bagi Konsumen
Pemasaran
adalah termasuk salah satu kegiatan dalam perekonomian dan membantu
dalam penciptaan nilai ekonomi, sedangkan nilai ekonomi itu sendiri akan
menentukan harga barang dan jasa bagi individu-individu. Selain
pemasaran, kegiatan lain yang dapat menciptakan nilai ekonomi adalah:
· produksi yang membuat barang-barang
· konsumsi yang menggunakan barang-barang tersebut
Dalam kondisi perekonomian seperti sekarang ini, tanpa adanya pemasaran orang sulit mencapai tujuan konsumsi yang memuaskan.
Faedah (utility) adalah kekuatan dari suatu produk atau jasa untuk memuaskan kebutuhan. Perusahaan dapat menciptakan lima macam Faedah, yakni:
1. faedah bentuk (from utility)
2. faedah waktu (time utility)
3. faedah tempat (place utility)
4. faedah milik (ownership utility)
5. Faedah informasi (information utility)
Konsep Pemasaran
Konsep
pemasaran (marketing concept) merupakan falsafah perusahaan yang
menyatakan bahwa pemasaran keinginan pembeli adalah syarat utama bagi
kelangsungan hidup perusahaan. Segala kegiatan perusahaan di bidang
produksi, teknik, keuangan, dan pemasaran diarahkan pada usaha untuk
mengetahui keinginan pembeli dan kemudian memuaskan keinginan tersebut
dengan mendapatkan laba.
Secara
definitive dapat dikatakan bahwa: Konsep pemasaran adalah sebuah
falsafah bisnis yang menyatakan bahwa pemuas kebutuhan konsumen
merupakan syarat ekonomi dan social bagi kelangsungan hidup perusahaan.
Konsep
pemasaran ini banyak dianut oleh perusahaan modern yang ingin mencapai
laba jangka panjang dengan berorientasi kepada konsumen atu pasar.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar