Minggu, 24 Maret 2013

BIAYA JANGKA PENDEK DAN KEPUTUSAN KELUARAN (OUTPUT)

Perusahaan yang memaksimalkan laba membuat keputusan-keputusan untuk memaksimalkan laba (total penerimaan minus total biaya). Untuk menghitung biaya produksi perusahaan harus mengetahui dua hal: (1) kuantitas dan kombinasi masukan yang mereka butuhkan untuk memproduksi barang, (2) beberapa harga masukan itu.

Biaya Jangka Pendek
Biaya tetap adalah biaya yang tidak berubah mengikuti pengeluaran sebuah perusahaan. Dalam jangka pendek perusahaan tidak akan mampu merubahnya walaupun produksinya nol. Biaya variabel adalah biaya yang tergantung tingkat keluaran yang dipilih. Biaya tetap plus biaya variabel sama dengan biaya total (TC=TFC+TVC).
Biaya tetap rata-rata (AFC) adalah biaya tetap total dibaki kuantitas pengeluaran. Ketika keluaran naik, biaya tetap rata-rata menurundengan mantap karena total yang sama ditanggung oleh kuantitas pengeluaran yang semakin besar. Gejala tersebut disebut overhead. Berbagai kombinasi masukan dapat digunakan untuk mempruduksi tingkat keluaran tertentu. Biaya variabel total (TVC) adalah jumlah seluruh biaya yang berubah-ubah mengikuti perubahan keluaran dalam jangka pendek.
Biaya marjinal (MC) adalah naiknya total biaya yang diakibatkan oleh memproduksi satu unit keluaran lagi. Apabila perusahaan memproduksi 1000 unit, biaya tambahan untuk meningkatkan keluaran menjadi 1001 unit adalah biaya marjinal. Dalam jangka pendek perusahaan dibatasi oleh factor produksi yang tetap atau skala pabrik yang tetap. Ketika perusahaan menaikkan keluarannya, pada akhirnya perusahaan itu akan menemukan dirinya terjebak oleh skala itu. Biaya marjinal adalah kemiringan (slope) variabel total. Kuva biaya variabel total senantiasa mempunyai kemiringan positif, karena senantiasa mengikuti keluaran (output).
Biaya variabel rata-rata (AVC) adalah sama biaya fariabel total dibagi kuantitas keluaran. Apabila biaya marjinal berada di biaya atas biaya variabel, biaya rata-tara itu menurun. Biaya marjinal memotong biaya variabel pada titik minimumAVC. Biaya total rata-rata (ATC) adalah sama dengan total biaya dibagi kuantitas keluaran. Apabila biaya marjinal berada dibawah biaya rata-rata, biaya total rata-rata akan turun kearah biaya total marjinal. Apabila biaya marjinal berada diatas biaya total rata-rata, maka biaya total rata-rata akan meningkat.

Keputusan-Keputusan Keluaran (output): Penerimaan, Biaya, dan Pemaksimalan Harga
Perusahaan persaingan sempurna menghadapi kurva permintaan berupa garis horizontal (dengan kata lain permintan benar-benar elastis). Total penerimaan (TR) adalah harga dikali kuantitas keluaran yang telah diputuskan perusahaan untuk diperoduksi dan dijual. Penerimaan marjinal (MR) adalah penerimaan tambahan yang di terima perusahaan ketika perusahaan itu menaikan keluaran {output} sebesar satu unit.
Pada perusahaan kompetitip secara sempurna, pendapatan marjinal itu sama dengan harga pasar saat ini bagi produksinya.perusahhan yang memaksimalkan laba dalam industri kompetitif secara sempurna akan menghasilkan sampai titik di mana harga keluarannya persis sama dengan biyaya marjinal jangka pendek: P = MC. Rumus memaksimalkan laba yang lebih umum adalah MR = MC (P = MC dalam persaingan sempurna). Kurva biaya marjinal perusahaan konpetitif secara sempurna adalah kurva penawaran jangka pendek.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar