Minggu, 24 Maret 2013

CARA PERUSAHAAN MENGGUNAKAN AKUNTANSI

Perusahaan menggunakan akuntansi untuk melaporkan kondisi keuangan perusahaaan, mendukung pengambilan keputusan, dan mengawas opersi usaha mereka, yang akan diterangkan pada bagian selanjutnya.
Pelaporan
Salah satu tugas akuntansi adalah melaporkan data keuangan perusahaan yang akurat. Tata buku adalah mencatat transaksi keuangan perusahaan. Sebagai contoh, pencatatan harian atau mingguan pendapatan dan biaya merupakan bagian proses tata buku. Jenis akuntansi yang dijalankan untuk tujuan pelaporan mengacu pada akuntansi keuangan.
Akuntansi keuangan harus sesuai dengan prinsip-prinsip akuntansi yang diterima secara umum yang menjelaskan bagaimana informasi keuangan harus dilaporkan. Dewan akuntansi keuangan , komisi surat berharga dan IRS telah menetapkan pedoman akuntansi. Penggunaan umum pedoman tersebut menyebabakan praktik pelaporan antar-perusahaan lebih konsisten. Akibatnya, perbandingan keuangan laporan keuangan antara dua atau lebih perusahaan yang menjadi lebih mudah.
Pelaporan Kepada Pemegang Saham
Perusahaan public diwajibkan untuk melaporkan kondisi keuangan perusahaan secara berkala kepada para pemegang saham atau para pemegang saham potensial. Para pemegang saham menilai laporan keuangan untuk mengevaluasi kinerja perusahan di mana mereka berinvestasi. Apabila analisis menunjukkan kinerja perusahaan kurang baik, para pemegang saham mungkin mencoba mengganti dewan direksi atau menjual saham mereka. Sebagian pemegang saham tidak akan menghabiskn waktunya untuk melakukan analisis pada perusahan di mana mereka berinvestasi.
Pelaporan kepada kreditor
Peruasahaan juga melaporkan keadaan keuangannya kepada kreditor yang sudah ada atau calon kreditor. Kreditor menilai laporan keuangan perusahaan untuk menentukan kemungkinan perusahaan mengalami kebangkrutan atau kegagalan dalam melunasi pinjamannya.
Menjamin Keakuratan
Akuntan public menyediakan jasa akuntansi bagi perusahaan yang memepekerjakannya. Walaupun biasanya perusahaan mempunyai karyawan yang mempunyai gelar akuntan.
Akuntan public menyediakan jasa akuntansi untuk berbagai macam perusahaan. Lisensi diperlukan untuk praktik akuntan public.
Pekerjaan yang umum untuk akuntan public adalah melakukan audit untuk memastikan bahwa laporan keuangan perusahaan sudah akurat. Semua perusahaan  public harus mempunyai laporan keuanga yang sudah diaudit oleh kantor akuntan yang independen.
Dukungan Pengambilan Keputusan
Perusahaan menggunakan informasi keuangan yang dibuat oleh akuntan untuk mendukung pengambilan keputusan. Sebagai contoh, manajer keuangan pergunakan informasi historis pendapatan dan biaya untuk pembuatan anggaran. Manajer pemasaran menggunakan informasi penjualan untuk mengetahui dampak atas strategi promosi tertentu. Manajer produksi menggunakan informasi penjualan berdasrkan musim untuk menentukan tingkat produksi yang diperlukan di masa yang akan datang. Jenis aktivitas akuntansi yang dilakukan untuk menyediakan informasi yang digunakan untuk membantu manajer dalam mengambil keputusan disebut sebagai akuntansi manajerial.
Pengawasan
Sebagai tambahan untuk menyediakan informasi yang mendukung pengambila keputusan, akuntansi manajemen membantu manajer untuk menegakkan pengawasan. Dengan melakukan pemeriksaan informasi keuangan, manajer mengawasi kinerja individu, divisi dan produk. Informasi akuntansi akuntansi pada penjualan digunakan untuk mengawasi kinerja penjualan berbagai macam produk dan petugas pemasaran yang memasarkan produk tersebut. Informasi biaya operasional digunakan untuk memonitor efisiensi produksi.
Tugas akuntansi lainnya untuk pengawasan adalah audit, yang  berfungsi menilai kebenaran pencatatan yang digunkan dalam pembuatan laporan keuangan perusahaan. Auditor internal bertugas mengevaluasi berbagai macam divisi perusahaan untuk meyakinkan bahwa mereka beroperasi secara efisien.

MENAFSIRKAN LAPORAN KEUANGAN
Tujuan laporan keuangan adalah untuk melaporkan pada pengguna yang berkepentingan tenteng kondisi operasi dan keuangan perusahaan. Hal yang paling penting dalam laporan keuangan adlah laporan laba rugi dan neraca. Laporan laba rugi adalah menunjukkan pendapatan, biaya dan laba ditahan selama periode tertentu (eperti triwulanan atau tahunan) dan neraca menunjukkan nilai buku dari semua kativa, kewajiban dan ekuitas pada waktu tertentu.
Menafsirkan informasi yang dilaporkan pada laporan laba rugi dan neraca sangat diperlukan sebagian dari analisis keuangan.
Laporan Laba Rugi
Laporan laba rugi hamper pada semua perusahaan. Penjualan bersih mencerminkan total penjualan dikurangi semua potongan penjualan. Harga pokok penjualan adalah biaya bahan yang dipergunkan untuk memproduksi barang yang dijual.
Biaya operasi terdiri dari biaya penjualan dan biaya umum dan administrasi. Laba kotor dikurangi biaya operasi perusahaan sama dengan laba sebelum bunga dan pajak (EBIT). Laba sebelum bunga dan pajak dikurangi biaya bunga sama dengan laba sebelum pajak. Akhirnya, laba sebelum pajak dikurangi pajak sam a dengan  laba  bersih.

Penjualan bersih

20000000
Harga pokok penjualan

16000000
Laba kotor

4000000
Biaya penjualan
1500000

Biaya umum dan Administrasi
1000000

Total biaya operasi

2500000
Laba sebelum bunga dan pajak (EBIT)

1500000
Biaya bunga

500000
Laba sebelum pajak

1000000
Pajak pendapatan (30%)

300000
Laba bersih

700000

Penjualan bersih

100.00%
Harga pokok penjualan

80.00%
Laba kotor

20.00%
Biaya penjualan
7.50%

Biaya umum dan Administrasi
5.00%

Total biaya operasi

12.50%
Laba sebelum bunga dan pajak (EBIT)

7.50%
Biaya bunga

2.50%
Laba sebelum pajak

5.00%
Pajak pendapatan (30%)

1.50%
Laba bersih

3.50%
Neraca
Semua yang dimilki oleh perusahaan disebut aktiva. Semua utang perusahaan disebut kewajiban. Perusahaan pada umumnya, sebagian dari aktivanya merupakan dukungan dana dari pemilik, disebut ekuitas pemilik perusahaan. Hubungan ini digambarkan dengan persamaan dasar akuntansi berikut ini.
Aktiva = Kewajiban + Ekuitas
Sebagai contoh, perhatikan seseorang yang membeli bengkel mobil seharga $200.000. diasumsikan bahwa orang tersebut menggunakan tabungannya sebanyak $40.000 dan berutang ke bank setempat sebanyak $160.000. laporan akuntansi untuk usaha ini akan menunjukkan aktiva $200.000, kewajiban $160.000 dan ekuitas $40.000.
Pada neraca Taylor Inc. pada akhir tahun diiliustrasikan pada gambar dibawah ini, aktiva yang terdapat pada neraca dibagi menjadi aktiva lancar dan aktiva tetap. Akiva lancar adalah aktiva yang dapat diubah menjadi kas dalam waktu satu tahun. Perkiraan tersebut meliputi kas, surat berharga, piutang dagang, dan persediaan

1 komentar:

  1. bagi perusahaan, hal terpenting yang diperlukan dalam manajemen adalah data, dengan adanya data yang lengkap dan akurat, perusahaan dapat membuat keputusan bisnis yang mampu meningkatkan pertumbuhan perusahaan. penggunaan software akuntansi merupakan solusi tepat untuk perusahaan bisa mendapatkan data yang lengkap, akurat dan juga dapat mereka lihat secara real time

    BalasHapus