Minggu, 24 Maret 2013

Ekonomi Mikro

RUANG LINGKUP DAN METODE ILMU EKONOMI

Ilmu ekonomi mikro adalah ilmu studi yang mempelajari perilaku individu dan masyarakat dalam mempergunakan sumber daya yang langka untuk diproduksi dan di distribusi kembali ke masyarakat. Mikro yaitu studi tentang hal-hal yang terinci yang ada pada setiap pasar dan hubungan antar pasar-pasar itu.

Mengapa Belajar Ilmu Ekonomi ?
Terdapat banyak alasan kenapa mempelajari ilmu ekonomi diantaranya:
a. Mempelajari kerangka berpikir
b. Memahami masyarakat
c. Memahami permasalahan global
d. Menjadi pemberi suara berpengetahuan
Apa yang tidak jadi kita lepaskan saat menetukan suatu pilihan atau mengambil keputusan merupakan biaya peluang dari keputusan itu. Biaya peluang adalah apa yang kita korbankan atau lepaskan, bila kita memilih atau mengambil keputusan.

Ruang Lingkup Ekonomi
a. Ekonomi Mikro membahas difungsikan pasar dan industri individual, serta perilaku unit-unit pengambilan keputusan individual: perusahaan dan rumah tangga.
b. Ekonomi Makro membahas perekonomian secara keseluruhan. Ilmu konomi makro membahas prilaku ekonomi agregat-keluaran (output), tingkat harga keseluruhan, dan laju inflasi umum.
c. Ilmu ekonomi adalah suatu disiplin yang luas dan beraneka ragam dengan banyak bidang penyelidikan khusus. Hal ini mencakup juga sejarah ekonomi, ekonomi internasional dan ekonomi perkotaan
.



Metode Ilmu ekonomi
Imu ekonomi mengajukan dan berusaha menjawab dua jenis: positif dan normatif. Ilmu ekonomi positif berusaha untuk memahami perilaku dan operasi perekonomian tanpa melakukanpenilaian tentang apakah hasilnya itu baik atau jelek. Ilmu ekonomi normatif melihat pada hasil dari perilaku ekonomi dan mempertanyakan apakah hasil-hasilnya baik atau jelek dan apakah datak diperbaiki.
Ilmu ekonomi positif sering dibagi kedalam dua bagian. Ekonomi deskriptif melibatkan penyusunan data nyang secara akurat nenggambarkan fakta dan peristiwa ekonomi,teori ekonomi berusaha untuk menggeneralisasi dan mejelaskan apa nang diteliti; mencakup pertanyaan-pertanyaan tentang sebab dan akibat-tentang aksi dan reaksi.
Model ekonomi adalah peryataan fomal tentang teori ekonomi. Model-model itu menyederhanakan dan mengabstraksikan realita. Sering barmanfaat bila kita memilah pengaruh dari satu atau lebih variabel sementara.mempertahankan hal lainya “semua serba konstan.” Ini yang dinamakan perangkat ceteris paribus. Model dan teori dapat dinyatakan dalam banyak cara. Cara yang paling lazim adalah dalam kata-kata, gafik, dan persamaan. Karena satu peristiwa terjadi sebelum yang lain, peristiwa kedua tidak harys menjadi akibat dari yang pertama. Mengasumsikan bahwa “sesudah” berarti “karena” adalah sama dengan melakukan post hoc, ergo, proper hoc salah kaprah. Ilmu ekonomi empiris mencakup kumpulan dan penggunaan data untuk menguji teori-teori ekonomi. Untuk membuat kebijakan, orang harus berhati-hati dalam menentukan kriteria dalam melakukan penilaian. Empat kriteria : efisiensi, keadilan, pertumbuhan dan stabilitas.
Grafik adalah gambaran dua dimensi dari seperangkat angka, atau data. Metode paling lazim untuk menggrafikkan dua variabel pada satu grafik adalah sistem koordinat cartesian, yang mencakup sebuah sumbu X (horizontal) dan sumbu Y (vertikal). Slope garis atau kurva menunjukkan apakah hubungan antara dua variabel yang digrafikkan pada sebuah sistem koordinat Cartesian adalah positif atau negatif dan sejauh mana tanggapan Y (variabel pada sumbu vertikal) bila X (variable pada sumbu horizontal) berubah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar